Makalah PTI



 Laptop Dari Masa Ke Masa
Makalah Tentang Perkembangan Teknologi


Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi

Kelas IF D Semester I

Dosen : Undang Syarifudin,S.H.,M.Kom




  Disusun Oleh:
 Ulfah Choirun Nissa   
   1145057163
                                     



Universitas Islam Negeri Uin Sunan Gunung Djati
Fakultas Sains dan Teknologi
Jurusan Teknik Informatika


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 2
1.3 Maksud dan Tujuan 2
1.4 Sistematika Penulisan  2
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Perkembangan Laptop 3
2.2 Bentuk dan Jenis Laptop dari masa ke masa 4
2.2.1. Tahun 1975  IBM  Portable PC  5100 5
2.2.2. Tahun  1977  Rockwell AIM 5
2.2.3  Tahun 1978  IBM Portable  PC 5110 6
2.2.4  Tahun  1981 – 1984 Gavilans  Frist Tries dan  Ibm 6
2.2.5. Tahun  1984 – 1988 Compact Steps In 8
2.2.6. Tahun  1989 - 1993 8
2.2.7. Tahun  1996 – 2003 Toughbooks dari Panasonic dan Intel 9
2.2.8  Tahun  2003  hingga sekarang 10
2.3. RollTop Laptop gulung tercangih saat ini 10
2.3.1.Kelebihan dari Rolltop 11
2.3.2.Kekurangan dari Rolltop 13
BAB III PENUTUP
Kesimpulan 14
DAFTAR PUSTAKA






KATA PENGANTAR

Bismillahirrohmanirrohim,
Alhamdulillahirobbil ‘alamin.
Puji dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan Makalah Perkembangan Teknologi dengan judul “Perkembangan Laptop Dari Masa Ke Masa”. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mandiri mata kuliah Pengartar Teknologi Informasi.
Dalam menyusun makalah ini penyusun banyak memperoleh bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penyusun ingin mengucapkan terima kasih Kepada Bapak Udang Syarifudin,S.H,M.Kom selaku dosen mata kuliah Pengartar Teknologi Informasi, orang tua yang selalu mendukung, mendo’akan dan memberikan bantuan baik moril maupun materil, dan seluruh teman-teman yang telah banyak membantu penyusun.
Penyusun menyadari bahwa dalam menyusun tugas ini masih jauh dari sempurna, untuk itu penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun guna menyempurnakan tugas penelitian ini. Penyusun berharap semoga tugas penelitian ini dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya dan bagi pembaca umumnya.

Bandung, 19 Oktober  2014

Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  . Latar Belakang
Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop  berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang  baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop gratis juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket Universal Serial Bus maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop, laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.
1.2  Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sejarah perkembangan laptop ?
2.      Apa saja perubahan jenis laptop dari masa ke masa ?
3.      Apa itu “RollTop” ?
4.      Bangaimana bentuk dan spesifikasi Rolltop ?
5.      Apa saja kelebihan serta kelemahan RollTop ?

1.3  Maksud dan Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1.      Mampu mengetahui sejarah  perkembangan laptop
2.      Mampu mengetahui perkembangan  jenis laptop dari masa ke masa
3.      Mengetahui tentang “RollTop”  Laptop  gulung  tercangih saat ini
4.      Mengetahui Spesifikasi Rolltop serta kekurangan dan kelemahanya

1.4 Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan makalah ini sebagai berikut :
BAB I                 Pendahuluan meliputi Latar Belakang,
                          Rumusan Masalah ,Tujuan dan Maksud.
BAB II                Pembahasan mengenai Sejarah dan Perkembangan                  
          Laptop, Bentuk dan jenis Laptop dari masa ke masa,
         “RollTop” Laptop gulung tercangih saat ini, kelebihan
dan keurangan dari RollTop.
BAB III            Penutup berisi Kesimpulan dan Saran.
                                                                      



BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Sejarah  Perkembangan  Laptop
Pada tahun 1970-an Alan Kay dari Xerox Palo Alto Research Center memiliki suatu visi untuk sebuah komputer jinjing yang tidak memerlukan kabel, seukuran buku catatan. Ia menamakannya Dynabook. Dynabook milik Kay ini diciptakan dengan kemampuan network wireless. Dan hal ini mulai mengerakkan roda  perkembangan sebuah komputer jinjing yang sebenarnya seperti sekarang ini.
            Diera 1979, William Moggridge dari korporasi Grid System menciptakan komputer jinjing yang pertama: The Grid Compass Computer 1109. Memiliki 340 kilobyte memory, sebuah kotak die-cast magnesium dan sebuah layar lipat electrominescent. Nasa membeli banyak darinya pada kisaran $800 perbiji, untuk digunakan pada program ruang angkasa.
Pada 1983 Gavilan Computer memproduksi sebuah komputer laptop yang bekerja dengan baik sebaik MS-DOS pada processor 8088. Diproduksi dengan 64K RAM, dapat di up-grade ke 128K. Dengan berta sekitar 9 pounds, memiliki touchpad/mouse didepan sebelah atas keyboard.
Pada tahun 1984 Apple memperkenalkan Apple model IIc. Apple IIc adalah sebuah notebook-seukuran komputer, akan tetapi bukan Laptop sebenarnya. Memiliki microprosesor 65C02, Memory 128 kilobytes dan floppy drive 5.25-inch internal, dua port serial, port mouse, modem card, power supply external, dan dapat dilipat. Komputer itu sendiri memiliki berat 10 sampai 12 lb (5kg), akan tetapi monitornya sedikit lebih berat. Apple IIc memiliki monitor monochrome 9-inci dan LCD panel optional. Kombinasi antara komputer/panel LCD telah menjadikannya sebuah komputer portable. Apple IIc dipasarkan ke rumah dan bidang pendidikan, dan meraup sukses untuk sekitar lima tahun.
Perusahaan lain seperti IBM, memperkenalkan komputer jinjing lainnya pada tahun berikutnya. Komputer jinjing pertama yang dilepas secara komersial adalah IBM PC, tidak seperti Apple IIc, PC convertible adalah benar-benar sebuah computer Laptop. Seperti Komputer Gavilan diperkenalkan pada tahun 1986.
Dengan Kemajuan Teknologi yang pesat  Laptop  Terkena dampaknya. Laptop generasi sekarang memiliki Berbagai macam bentuk dari yang kecil sampai besar,dari spesifikasi sederhana sampai spesifikasi yang sangat tinggi
Perkembangan teknologi saat ini membawa pengaruh luar biasa bagi gaya hidup setiap orang. Terutama dibidang teknologi informasi baik segi perangkat keras maupun perangkat lunak. Tidak dipungkiri lagi perkembangan komputer cukup mengesankan, dahulu komputer yang hanya digunakan untuk keperluan kantor, sekarang berkembang ke berbagai bidang seperti design, game, dan hiburan. Pada awal-awal pertamanya komputer hanya dapat digunakan terbatas di meja saja atau yang sering disebut sebagai computer desktop (komputer duduk). Dengan terus berkembangnya pola pikir dan peradaban manusia, muncul konsep atau ide bahwa komputer tidak hanya digunakan sebatas di atas meja saja, tetapi harus dapat digunakan untuk berpindah-pindah tempat (mobile).
2.2  Bentuk dan jenis Laptop dari masa ke masa
Laptop  merupakan komputer yang bisa dibawa kemana-mana dan ringan. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis,tergantung dari cara pemakaian,spesifikasi,dan ukuran baterai. Laptop terkadang disebut juga dengan komputer notebook atau notebook saja.
Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.Setelah kita mengetahui pengertian dari laptop,pastinya kita juga harus mengetahui sejarah perkembangan laptop serta kapan laptop bisa diciptakan sehingga bisa digunakan sampai saat ini.

2.2.1        Tahun 1975  IBM  Portable PC  5100

Adalah pertama dari  IBM  micro computer. Meskipun beratnya 55 pounds, mungkin terbaik digambarkan serba lengkap yang terdapat pada portable saat itu. Dirancang terutama untuk mathematicians and engineers. 5100 mendapat harga pasar begitu mahal Us $20.000 atau seharga dengan Rp214.000 pada saat itu.



 

 

 

 

 

2.2.2        Tahun  1977  Rockwell AIM 65

Untuk Rockwell AIM 65 komputer mikro ini lebih lengkap dengan keyboard,layar dan hard copy printer.




 


2.2.3        Tahun 1978  IBM Portable  PC 5110

IBM 5110 ialah komputer bisnis versi yang berawal dari dari IBM 5100 dari tiga tahun  sebelumnya,  dirancang terutama untuk mathematicians dan engineer.

2.2.4        Tahun  1981 – 1984 Gavilans  Frist Tries dan  Ibm

Kemudian gavilan mobile computer hadir beratnya yang hanya 4 kg dan mampu bertahan hingga 9 jam dengan baterai nickel-cadmium menjadikan gavilan yang paling unggul dan mampu memadukan antara performa dan desain di tahun 1983. Satu lagi nilai plus dari produk gavilan ini adalah mobile pc pertama yang diluncurkan dan dipasarkan dengan nama laptop.






Sejak munculnya osborne 1, menjadi titik dimana seseorang yang saat ini sangat akrab di telinga kita, yaitu bill gates memperkenalkan sebuah ide dimana portable computer dilengkapi dengan lcd screen. Kazuhiko nishi dari microsoft yang kemudian merealisasikan ide tersebut menjadi prototype radio shack. Dengan berat 2 kg, radio shack trs-80 model 100 mobile computer hadir dengan fitur modem, telecommunications program, text editor, dan sebuah program yang dibuat oleh microsoft.
Saat radio shack menjadi batu pijakan untuk membentuk laptop saat itu menjadi seperti laptop sekarang ini, ibm justru mengembangkan portable pc 5155 di tahun 1984. Mengapa saya mengatakan  justru ? Karena produk ibm itu tidak sekalipun menjunjung tinggi asas portabilitas dengan beratnya yang mencapai 13,6 kg dan dengan layar 9-inch dibandrol “sangat bijak” dengan harga $4000 tanpa baterai didalamnya. 



2.2.5        Tahun  1984 – 1988 Compact Steps In

Compaq berhasil memasang mata angin penunjuk arah harus dibawa kemana segmen laptop ini, dengan produknya compaq slt 286 beresolusi vga, yang dilengkapi  1.44 floppy drive dan 286 processor. 

2.2.6        Tahun  1989 - 1993

Langkah selanjutnya dari perkembangan laptop dan menjadi masa revolusi terbesar dari laptop terjadi di tahun 1990-an. Ini dimulai dengan munculnya minisport yang dibuat oleh zenith data systems, miniport mempunyai sejulah fitur seperti 640 kb ram, 1.44-inch floppy drive, 2400 baud modem dan 20mb esdi hard drive. 




 


 

 

 

 

Dan langkah paling besar di era ini dilakukan oleh pabrikan laptop baru (saat itu), yaitu macintosh dengan macintosh portable-nya. Walaupun beratnya hampir 8 kg, namun desainnya sangat kokoh dan kuat dengan layar 9.8-inch active matrix, resolusi 640×400 pixel, dan sebuah trackball. Sejak tahun 1993,layar 256-color menjadi pilihan yang baik untuk laptop di kala itu, contohnya yaitu powerbook 165.

2.2.7        Tahun  1996 – 2003 Toughbooks dari Panasonic dan Intel

Tepatnya di tahun 1996 panasonic membuat sebuah langkah besar dengan memperkenalkan lini laptop mereka yang fokus di segmen robust mobile computer,yaitu dengan laptop andalannya toughbook (cf-25). Didesain dengan kemampuan “bertahan. Yang lebih, laptop ini diklaim aman saat dijatuhkan dari ketinggian 70cm,tahan debu, ataupun udara lembap.

 









2.2.8        Tahun  2003  hingga sekarang

Dimasa depan selanjutnya, vaio zoom, concept laptop yang menggunakan teknologi holographic pada layarnya. Sehingga saat laptop ini di shutdown, layar akan benar-benar terlihat transparan seperti lapisan kaca.

2.3      RollTop Laptop gulung tercangih saat ini
Teknologi sekarang semakin canggih, barang yang namanya laptop/netbook/notebook akan segera tergeser keberadaannnya, soalnya akan hadir produk terbaru rolltop, dengan desain yang futuristik serta sangat simple, dan juga enak tentunya jika digunakan.
 Bagaimana tidak rolltop ini bisa digulung layaknya sebuah kertas gulung, kita bisa membuka laptop dan menutupnya kembali seperti layaknya menggulung kertas biasa, rolltop ini juga bisa berfungsi layaknya seprti monitor LCD biasa, dan juga bisa digunakan layaknya iPad produk keluarannya mac.
Ini adalah konsep komputer masa depan dengan desain rolltop, Desain Orkin telah meluncurkan konsep baru yang keren dengan dukungan Schlagheck dan perangkat ini dilengkapi dengan layar yang fleksibel.






2.3.1 Kelebihan dari Rolltop
Berkat teknologi OLED-Display dan layar sentuh multi, Rolltop tidak hanya dibuat untuk mengetik atau kegiatan yang laptop biasa lakukan, tetapi juga dapat berubah bentuk menjadi tablet grafik dan dapat pula dijadikan monitor yang semua kegiatannya menggunakan layar sentuh ini. Rolltop juga memiliki ukuran yang berbeda, ketika digunakan sebagai laptop, layarnya berukuran 13 inci dan ketika menjadi tablet grafik dan monitor, layar berukuran 17 inci. Kelebihan yang utama adalah rolltop mudah dibawa tanpa harus menggunakan tas atau softcase, hanya dengan menggunakan tali saja, rolltop sudah dapat menemani kita untuk membantu segala kegiatan kita.



2.3.2  Kekurangan dari Rolltop
Sebenarnya kekurangan dari rolltop tidak terlalu banyak, kekurangan Rolltop   hanya tidak ada baterai. Jadi, kalau ingin menggunakan rolltop ini, kita harus mencari tempat yang ada stekernya. Mungkin baterai khusus untuk rolltop ini akan ditemukan di kemudian

























BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
dikenal juga dengan istilah notebook/powerbook adalah komputer portabel (kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah) yang terintegrasi pada sebuah casing. Beratnya berkisar dari 1 hingga 6 kilogram tergantung dari ukuran, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai Laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam bergantung pada cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, Laptop memiliki fungsi yang sama dengan Komputer Desktop meskipun dengan kemampuan yang lebih rendah. Komponen yang terdapat didalamnya adalah sama dengan yang terdapat pada Komputer Desktop dengan ukuran yang diperkecil, lebih ringan, tidak panas dan irit listrik. Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci bergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang terdapat pada Laptop juga dilengkapi dengan touchpad atau dikenal juga sebagai trackpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor mouse. Keyboard dan Mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB.











DAFTAR PUSTAKA

Ø  Alfa– Makalah Perkembangan Laptop

Ø  ferdlyardan – Sejarah Perkembangan Laptop

Ø  Sikkir– Bentuk dan jenis perubahan laptop
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012603588/-

Ø  Faiz Fatah–  Pengertian Tentang RollTop

Ø  Offcial Web RollTop








0 komentar: