Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak sistem (kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support software) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, baik yang bersifat internal (misalnya RAM) maupun eksternal (ex: printer). Kedudukan program ini umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. Itulah sebabnya peran program sistem kadangkala tidak terlaihat secara langsung. Adapun yang tampak secara langsung seperti perangkat lunak aplikasi yaitu utilitas.
Fungsi sistem operasi
Sistem operasi mempunyai tiga fungsi utama yaitu manajemen proses,manajemen sumber daya, dan manajemen data
·         Manajemen proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer. Proses adalah program yang sedang dijalankan.
·         Manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh perangkat lunak sistemataupun perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan pada komputer.Yang dimaksud sumber daya di sini adalah komponen perangkat keras pada komputer seperti CPU, memori utama, dan peranti masukan/keluaran.
·         Manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dalam peranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.
Selain ketiga fungsi tersebut,sistem operasi umumnya juga mempunyai sarana untuk mengelola keamanan. Ciri sistem operasi yang mempunyai fasilitas manajemen keamanan adalah mengharuskan pemakai memasukan nama pemakai dan password sebelum bisa mengakses komputer.
Macam-Macam Sistem operasi
Sistem operasi amat beragam dan beramat agam biasanya berbeda antara satu platform dengan platform lainnya, Di lingkungan PC, Windows dan linux merupakan contoh sistem operasi yang populer. Dilingkungan mainframe, MVS(Multiple Virtual System) merupakan sistem operasi yang paling umum digunakan. Di lingkungan minikomputer, setiap vendor umumnya memiliki sistem operasi sendiri. Sebagai contoh, mini computer DEC menggunakan VAX/VMS atau Digital Unix dan minikomputer Data General memakai AOS dan DG.
Berbagai sistem operasi yang tergolong sebagai unix.
Nama
Vendor
AIX
IBM
A/UX
Apple(macintosh)
DG/UX
Data General
Unixware
Novell
XINU
Doug Comer
Digital unix
DEC
HP/UX
Hawlett-Packard
Sistem Operasi yang populer pada PC.
Sistem operasi
Keterangan
DOS
DOS adalah singkatan dari Disk Operating System.Merupakan sistem operasi yang awalnya dipakai pada IMB PC(disebut PC-DOS) dan PC yang kompatiblel dengan IBM PC (disebut MS-DOS). Versi DOS  pertama yang dirilis Pada tahun 1982 dikemas dalam sebuah disket. Pada saat ini, sistem operasi ini hampir tidak digunakan lagi. Dirancang untuk komputer tunggal
Windows96/
Windows 98/
Windows Me/
Windows XP
Sistem operasi dengan antarmuka grafis yang dibuat oleh microsoft. Memiliki kemampuan multitasking dan dapat digunakan untuk membentuk kerja tim (workgroup) dengan membuat jaringan sederhana. Dapat digunakan sebagai klien dalam client/server.
Windows NT/
Windows 2000
Sistem operasi antamuka grafis ini bisa digunakan sebagai server. Mendukung multitasking dan multiprocessing.
Windows NT (kependekan dari New Technology) dirilis pertama kali pada tahun 1993. Pada tahun 2000, Windows 2000 diluncurkan untuk menggantikan Windows NT versi 4.0
Novel NetWare
Merupakan Sistem operasi LAN(Local Area Network) atau jaringan lokal yang sangat terkenal sebelum windows NT muncul
OS/2
Sistem operasi untuk IBM PC dengan antarmuka grafis. Mendukung multitasking dan networking. Namun, Kurang populer di indonesia
UNIX
Unix adalah Keluarga sistem operasi yang dapat digunakan untuk berbagai platform komputer, dari PC hingga mainframe.
Linux
Sistem operasi semacam UNIX ini diciptakan oleh Linus Torvarlds. Sangat populer di lingkungan PC dan telah menjadi pesaing sistem Windows semenjak akhir tahun 1990-an. Sistem operasi ini tergolong open source.
Penangamam Proses dalam Sistem Operasi
Berkaitan dengan penanganan proses, Dikenal beberapa istilah seperti multiprogramming, multitasking, penyimpan virtual, time sharing, dan multiprocessing.
1.Multiprogramming > metode yang memungkinkan 2 buah program atau lebih di jalankan secara bersamaan dalam sebuah komputer dan berbagi sumber daya dalam waktu yng berlainan.

2.Multitasking > kemampuan yng memungkinkan seorang client menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama dan cara seperti ini umum dalam sistem PC, dengan menggunakan sistem operasi Windows, pengguna dapat menjalanakn program word dan sekaligus menjalankan program excel,pemakai dapat berpindah dari satu program ke program yang lain denagn mudah.

3.Penyimpana Virtual > metode yng menangani sejumlah program dengan membagi program - program tersebuut kedalam bagian yang lebih kecil dan berukuran sama.

4.Time Sharing > metode yang digunakan agar pengguna dapat berinteraksi dengan proses yang dibuatnya (setiap proses akan ditangani oleh CPU secara bergantian dalam jumlah waktu yang sama ).

5.Multiprocessing  > kemempuan sistem operasi untuk menjalankan dua atau lebih instruksi secara serentak dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah komputer.

0 komentar: